Toko Komputer Tanjungpinang | It Solution Tanjung Pinang City
toko komputer tanjungpinang

Pilih Komputer / Laptop Intel Core i3 vs i5 vs i7?

Kali ini Itsolution kembali memberikan sedikit artikel tentang pemilihan komputer / laptop. Banyak customer yang menanyakan saya mau beli laptop merek apa yang bagus? Kalo jaman dulu jawaban Itsolution akan tertuju pada merek Laptop tertentu. Tapi sesuai perkembangan jaman, sebenarnya merek bukan lagi pilihan yang harus kita pertimbangkan. Tapi lebih ke processornya, sekarang mulai dari merek yang begitu terkenal sampai merek yang biasa – biasa saja berlomba memberikan penawaran harga yang sangat terjangkau untuk dapat dibeli customer. Tapi telah mengorbankan performance sebuah laptop.

Untuk jaman sekarang pemilihan sebuah laptop / CPU kita fokuskan ke processornya minimal berapa core yang akan kita pakai. Kali ini kita akan membahas tentang Intel Core i3 vs i5 vs i7.

Processor adalah otak dari komputer kita, pemilihan processor sangat penting untuk performance sebuah komputer/laptop. Apasih perbedaan Intel core i3 vs i5 vs i7? Secara halus kita semua tau i7 lebih baik dari i5 dan lebih baik dari i3. Sebenarnya jika kita apa kebutuhan kita, akan memudahkan kita dalam pemilihan processor ini.

i3 hanya mempunyai dual core (2 inti), sedangkan i5 dan i7 mempunyai dua duanya yaitu dual core dan quad core (4 inti). Ya pasti quad core akan lebih baik dari dual core, kita akan membahas cara membedakannya nanti.

Generasi Intel

Intel meliris generasi dari processor mereka seperti Intel Generasi 7 terbaru “Kaby Lake” atau Generasi 6 “Sky Lake” bahkan generasi 5 Broadwell setiap generasi mempunyai core i3, i5 dan i7 tersendiri. Kita dapat membedakan processor mana yang kita beli dengan angka di depan processor seperti Intel Core i3-5300 ini menandakan generasi ke 5.

Ingat Intel Generasi terbaru Kaby Lake tidak mensupport Windows 7 maupun Windows 8.1 jadi hanya bisa digunakan pada Windows 10

Kenapa begitu???? hehe bukan karena Intel mengunci processor mereka supaya hanya berjalan di Windows 10. Tapi Microsoft lah yang berhenti memberikan update terhadap Windows 8.1 ke bawah dalam pemakaian Processor terbaru intel. Oh ya bukan processor Intel aja iya, AMD Bristol Ridge terbaru jua tidak mendukung di Windows 7 maupun windows 8.1. Jadi kalo masih mau pakai windows 7 maksimalnya pada generasi ke 6.

Ehm.. ada lagi untuk processor kalo kita perhatiin biasa ada code seperti Intel core i5-6200U  atau i7-6920HQ. Mempunyai arti seperti berikut:

U : Ultra Low Power, di khusus untuk laptop dalam penghemat daya baterai.
H : High Performance Graphics, untuk gamer maupun designer karena didalam chipsetnya mempunyai VGA yang sangat bagus.
Q : Quad Core, menunjukan memilihki 4 inti.
Y : Low Power, biasa dpt ditemukan di processor generasi lama untuk laptop dan mobile.
T : Power Optimized, hanya untuk CPU.
K : Unlocked, ini anda bisa Overclock processor ke performance lebih tinggi.

Adahal yang mempengaruhi iya itu Cache walaupun kecil seperti i3 cache hanya 3mb, i5 3mb s/d 6mb dan i7 4mb s/d 8mb tapi fungsi cache sama seperti memory, Cache sebagai private momerynya processor. Ketika processor bekerja tahap demi tahap maka tahap sebelumnya akan di simpan di cache, semakin besar maka pekerjaan processor semakin cepat. Ini jarang diketaui kita semua, kalo cache yang kecil kadang suka memperlambat komputer kita. Walaupun dah pakai core i3.

Grafis udah terpasang pada chip processor, ini merupakan salah point dalam memilih laptop/cpu.

Pembagian Grafis yang ada di Intel core i3 vs i5 vs i7 dapat di baca melalui Intel HD, Intel Iris dan Intel Iris Pro Iya kita biasa akan membaca Intel HD 520 atau Intel Iris 550 merupakan grafis basic, Intel HD 530 dan Intel Iris Pro 580 high performance graphic.

Iya begitu lar cara menentukan processor mana yang akan di beli pada laptop atau cpu anda. sebagai tambahan It Solution memberikan kesimpulan:

Core i3 : untuk user kantor, pilihan ekonomis kalo anda hanya memakai untuk browsing dan ketik Word Excel. tidak untuk Gamer dan Designer.

Core i5 : untuk Gamer dan Designer yg burgetnya pas. Pilih HQ atau Q untuk performance dan grafis yang bagus.

Core i7 : untuk punyai lebih, pilihan terbagus.

Walau skrg generasi ke 7 sudah punyai core i9 tapi bagi yang masih enak di windows 7 core i7 masih merupakan pilihan terbaik.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *