Toko Komputer Tanjungpinang | It Solution Tanjung Pinang City

Apa Itu Virus Komputer?

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Virus komputer umumnya di buat untuk tujuan yang tidak baik , banyak Efek negatif yang di timbulkan oleh virus komputer seperti memperbanyak dirinya sendiri sehingga memori menjadi kecil, hal ini membuat komputer sering hang atau freeze, lalu mengubah ekstensi pada file dan program yang membuat program/file tersebut tidak bisa di gunakan, dan dapat juga mencuri data pribadi seseorang tanpa sepengetahuan orang tersebut. selain itu juga virus dapat merusak hardware pada komputer.

Cara Mengatasi Virus Komputer

Sangatlah penting untuk menjaga komputer kita agar terhindar dari infeksi dan serang virus. Salah satunya dengan menginstal software yang dapat mengecek keberadaan suatu virus sebelum virus tersebut merusak software sistem komputer kita. Software anti virus bisa didapatkan dengan membeli program tersebut. Program ini dapat mendeteksi dan menghilangkan virus yang ditemukan pada komputer kita. Program inipun secara otomatis akan mengecek floppy disk dan e-mail attachment agar bersih dari virus. Jika kita telah menginstal suatu software anti-virus, maka kita harus selalu meng-update-nya dengan edisi terbaru. Hal ini perlu dilakukan karena setiap saat selalu ditemukan varian virus-virus baru, sehingga perlu diadakan penyempurnaan pada software anti-virus yang dipakai agar dapat menangkal virus-virus baru tersebut.
Tetapi jika kita tidak bisa menginstal program anti-virus, maka hal-hal yang harus kita lakukan untuk mencegah masuknya virus ke komputer kita adalah :

  • Hindari menggunakan flash disk milik orang lain yang tidak terjamin kebersihan datanya, karena disk tersebut mungkin saja mengandung virus.
  • Hati-hati membuka situs-situs internet yang tidak jelas asalnya
  • Gunakan selalu software original yang berlisensi.
  • Jangan pernah membuka attchment (file sisipan) pada email selain yang berasal dari orang yang kita percaya dan terjamin tidak mengandung muatan virus tertentu.
  • Buatlah selalu back-up dari seluruh data yang kita miliki untuk meminimalisasi kerugian akibat serang virus. Karena virus dapat membuat kita kehilangan data-data penting yang masih kita butuhkan.

Refensi: id.wikipedia.org, visiuniversal.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *